Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 1, No 1 (2020)

PENGGUNAAN METODE ANALISIS CITRA UNTUK MENGANALISA GERAK HARMONIK SEDERHANA PADA PEGAS DAN BANDUL SEDERHANA

Mulyadi Abdul Wahid ((Scopus ID: 55480889700, H-index: 3) Department of Environmental Engineering, State Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh)
Eka Tiara (Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Intan Rauh Riantin (Pendidikan Fisika UIN Ar-raniry Banda Aceh)
Abd Mujahid Hamdan (Teknik Lingkungan FST UIN Ar-raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Gerak harmonik sederhana merupakan salah satu materi penting dalam fisika. Materi ini merupakan dasar-dasar dalam memahami berbagai gejala-gejala yang lebih kompleks seperti osilasi dan redaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh massa beban pada dinamika pegas dan gerak sebuah bandul sederhana dengan menggunakan metode analisis citra. Untuk keperluan analisis citra kami menggunakan citra digital dengan bantuan kamera dari telepon dan sebuah piranti lunak komputer yaitu Image-J. Penelitian ini menghasilkan sebuah metode baru dalam menganalisis hasil praktikum gerak harmonis sederhana dan dapat digunakan sebagai alternatif disamping metode konvensional yaitu dengan menggunakan meteran dan stopwatch. Hasil menunjukkan bahwa gerak harmonik sederhana dapat dipelajari dengan baik dengan menggunakan metode analisis citra.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...