Jurnal Tata Rias
Vol 9, No 2 (2020)

VALIDASI TERHADAP KELAYAKAN MEDIA VIDEO PADA MATERI TATA RIAS WAJAH FANTASI JURUSAN TATA KECANTIKAN DI SMK NEGERI 6 SURABAYA

AULIA BALKIS, ALFYANNA (Unknown)
PUSPITORINI, ARITA (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Abstrak Pembelajaran merias wajahy fantasi merupakan salah satu materi yang di pelajari di SMKn Negerii 6 Surabaya. Menurut hasill pengamatan bahwa guruu hanyaa menggunakan metodee ceramahh dan tanya jawab, Sehingga dalam pembelajaran siswa sering kali tidak fokus dan kurang tertarik mendengarkan materi yang di sampaikan guru. Tujuann penelitiann ini adalah untuk mengetahui validitas terhadap kelayakan media video pada materin tata riass wajahh fantasii. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana hasiln validasii ahlii terhadapp kelayakan mediaa videoo pada tata rias wajah fantasi ? manfaat penelitiann inii adalahhh bisa dijadikani referensii bagii guru sebagai pembuatan mediaa pembelajarann riass wajahh fantasii dapat menjadikan siswa lebih aktiff, menarikk dan menyenangkann dengan menggunakan media videoo. Videoo merupakani mediaa audioo visuall yang memilikii unsur gambarr gerakk akann mampu menarik perhatian dan motivasi siswa saat pembelajaran. Salah satu kelebihanx darir mediae videod adalaha Videod bias berisikan tentang pengalamana-pengalamana dasara darir siswas ketika siswas berdiskusis, membacab, dan juga praktikk dan salaha satu kekurangan mediad videod adalaha padad saata video diputar gambara dan suarar akana berjalana terusu sehinggah tidaka semuaa siswas mampu menangkap informasi yang ingin diberikan dengan media video tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulann data yang digunakan yaitu instrumen angket validasi kelayakan media. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa validasi kelayakan media video memperoleh kategori kwalitas dengan nilai maksimal 4 dengan kriteria sangat layak (SL) dann validasis kelayakan mediad video dengana nilai minimum 3,7 dengan kriteria sangat layak (SL) . Kesimpulannya Media Video dapat di gunakan sebagai media pembelajaran pada materi tata rias wajah fantasi Kata Kunci: validasi kelayakan, media video, materi tata rias wajah fantasi Abstract Learning to applyp fantasy face makeup isi onee off theh materialss learned at SMK Negeri 6 Surabaya. According to observations that theh teachers onlyy usess the lecturer andd questions and answers methode, so that in learning student arer often nott focused and less interested in listening to the material conveyed by the teacher. Theh purposes off thiss studys was too determines the validity off theh feasibility of videod mediad on fantasy makeup. Theh formulation off theh problems off thisi researchh isi that its the result off expert validation on the feasibility of video media in fantasy facial make-up? theh benefitt off thiss researchs ist thath its can? be a reference for teachers in making fantasy learning make-up media more active, interesting and fun using video media. Video as an audio visual media and has an element of motion will be able too attractc theh attentions and motivation off student when learningg. One of theh strengths off video medias is that video can complement the basic experiences of students when students discuss, read, and also practices and the lack of video media and one of the shortcomings of video media is that video and pictures will run continuouslys soo thath nott all student able to follows the informations to be conveyedd through theh videos. Thisi types off researchh is this research usess descriptivee researchc withh a quantitativ approacch. Data collection uses a media validation questionnaire instrument. Baseds on theh results off the studys its was saids thath the validation of the feasibility of video media obtained a quality category with a maximum value of 4 with the criteria of Very Eligible (SL) and validation of the feasibility of video media with a minimum value of 3.7 with very feasible criteria (SL). In conclusion, Video Media can be used as a learning medium for fantasy makeup Keywords: validation validity, video media, fantasy makeup

Copyrights © 2020