Character: Jurnal Penelitian Psikologi.
Vol 7, No 3 (2020)

PERBEDAAN PERCEIVED ACADEMIC STRESS DITINJAU DARI TAHUN ANGKATAN KEDUA DAN KETIGA PADA MAHASISWA FAKULTAS X DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

PURIANA WIDIANTI, FENTY (Unknown)
KUSUMA DEWI, DAMAJANTI (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perceived academic stress yang ditinjau dari tahun angkatan kedua dan ketiga pada mahasiswa Fakultas X Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif serta merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada salah satu Fakultas di Universitas Negeri Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun angkatan kedua (2018) dan tahun ketiga (2017) dengan total 568 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah Perceived Academic Stress Scale (PASS) dari Bedewy dan Gabriel (2015) yang memiliki nilai reliabilitas 0.86. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-test dengan perolehan skor signifikansi 0.034, nilai tersebut < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan kedua dan ketiga pada mahasiswa Fakultas X.

Copyrights © 2020