Jurnal Pendidikan Khusus
Vol 15, No 1 (2020)

PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS

INDAH OKTAVIANA PUTRI, SERLI (Unknown)
MASITOH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2020

Abstract

Anak dengan spektrum autis memiliki salah satu hambatan yakni dalam keterlambatan bidang kognitifnya. Hal ini dapat mengakibatkan anak mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya materi mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan media roda putar terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan spektrum autis. Rancangan penelitian menggunakan on shot case study. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 anak dengan spektrum autis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Rata-rata hasil intervensi 51,04 dan rata-rata hasil post-test 70,83 dengan pemberian intervensi sebanyak 3 kali. Simpulan dari hasil penelitian Ho ditolak dan Ha diterima, hasil post-test 70,83 lebih besar dari intervensi 51,04. Yang artinya ada pengaruh penggunaan media roda putar terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan spektrum autis. Kata kunci: Autis, Roda Putar, Lambang Bilangan

Copyrights © 2020