Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 19, No 2 (2019)

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI K3 LAS OXY-ACETYLENE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)

Haryadi, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2020

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI KKLP 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam proses pembelajaran materi K3 Las Oxy-Acetylene. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan dua kali siklus. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes dan lembar pengamatan proses kegiatan pembelajaran materi K3 Las Oxy-Acetylene. Hasil penelitian menunjukkan: kondisi awal peserta didik masih banyak yang pasif dan sebagian mengantuk dalam mengikuti pelajaran, jumlah yang tuntas sebesar 41,18% rerata nilai 66,47; siklus I aktivitas peserta didik aktif (64,71%) dengan ketuntasan 61,76% rerata nilai 73,24; dan siklus II aktivitas peserta didik sangat aktif (81,51%) dengan ketuntasan 82,35% rerata nilai 85,00. Sehingga melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi K3 Las Oxy-Acetylene

Copyrights © 2019