ADVANCE
Vol 6, No 2 (2019): December

PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA

Arief Budhi Dharma (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa)
Ika Swasti Putri (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Setiap negara memiliki program pendidikan yang menjadi pijakan penciptaan generasi penerus yang handal, cerdas dan memiliki integritas pada bangsanya. Pendidikan merupakan faktor pendukung yang menerangi peranan penting di segala sektor.  Mahasiswa sebagai pelaku pendidikan senantiasa menjunjung nilai integritas dengan memilih universitas yang kompatible.   Keputusan memilih oleh mahasiswa dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, dan pelayanan. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: sejauhmana pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat,  proses, orang, dan pelayanan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, dan sejauh mana pengaruh status akreditasi terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Berdasarkan nilai  standardized coefficient diketahui secara parsial bahwa variabel pelayanan  memiliki pengaruh positif (7,916) dan lebih dominan dibandingkan dengan variabel lain (produk, harga, promosi, tempat, orang, dan proses). Melalui teknik regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa status akreditsi mampu menjelaskan 24.4 % terhadap  keputusan mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini secara serempak strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Status akreditasi berpengaruh terhadap keputusan Mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta.                                                                                   Kata kunci : Bauran Pemasaran, dan Keputusan Memilih.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

advance

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Terbitan Berkala Ilmiah (ADVANCE) Program Studi S1 Akuntansi diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat ...