Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol 4 No 01 (2019): Discovery Vol. 04 No. 01 Tahun 2019

THE EFFECTIVENESS OF USING PUBLIC SPEAKING TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SKILL IN THE GRADE EKEVEN OF SMA MADINATUL ULUM TEMBELANG JOMBANG IN THE ACADEMIC YEAR 2017-2108

Fitriyah, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

AbstrakSelama dua dekade terakhir, masyarakat kita telah menyaksikan perubahan yang belum pernah terjadisebelumnya dalam tren globalisasi yang sangat memprihatinkan. Dalam hal ini, kemampuan berbicaramenjadi sangat penting; namun, orang dengan kompetensi berbicara yang baik mungkin memiliki tantanganyang lebih besar untuk mencapai masa depan yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenggambarkan (1) pelaksanaan berbicara di depan umum untuk mengajar berbicara, (2) prestasi siswasetelah diajar berbicara menggunakan metode Public Speaking, (3) efektivitas menggunakan berbicara didepan umum terhadap keterampilan berbicara siswa dan menghilangkan kecemasan komunikasi merekadalam lingkungan bahasa asing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen yangdigunakan satu kelas sebagai objek penelitian. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas sebelas di SMAMadinatul Ulum, Mojokrapak Tembelang Jombang. Data penelitian ini didapat dari observasi dan tesberbicara. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan keberhasilan belajar mengajar dengan metodeobservasi dan data prestasi siswa dengan analisis data pretest-posttest dan T-test. Hasilnya membuktikanbahwa kinerja berbicara peserta didik di depan umum meningkatkan kompetensi berbicara dan kecemasankomunikasi mereka berkurang setelah dua pertemuan tahap instruksi dan praktik berbicara di depan umum.Sejalan dengan ini, penelitian ini mengkonfirmasi bahwa pengajaran berbicara di depan umum memilikiefek positif pada peningkatan kinerja berbicara siswa di depan umum dan mengurangi ketakutankomunikasi dari pelajar bahasa Inggris. Studi ini juga menyediakan saran untuk penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2019