Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol 4 No 2 (2019): Discovery Vol. 04 No. 02 Tahun 2019

PERAN PERHATIAN ORANG TUA DAN PERSEPSI PADA IKLIM SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (SURVEI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH DI JAKARTA SELATAN)

Rasam, Fadli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memperoleh jawaban secara empirik peran (1)perhatian orang tua dan persepsi pada iklim sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik secarasimultan, (2) perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik secara partial, (3) persepsipada iklim sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik secara partial. Penelitian ini dilaksanakandi Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Atas Jakarta Selatan dengan responden 160peserta didik. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan analisis regresi linear ganda.Berdasarkan penelitian dan perhitungan SPSS diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1)Terdapat pengaruh perhatian orang tua dan persepsi pada iklim sekolah terhadap motivasi belajarpeserta didik secara simultan. (2) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajarpeserta didik secara partial (hal ini menandakan bahwa semakin baik dan tinggi perhatian yangdiberikan orang tua kepada peserta didik terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar pesertadidik). (3) Terdapat pengaruh persepsi pada iklim sekolah terhadap motivasi belajar secara partial(hal ini menandakan bahwa semakin baik, aman, nyaman dan kondusif iklim yang tercipta disekolah, maka akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik). Kepiawaian guru dan orang tuadalam memotivasi dan menciptakan iklim yang baik bagi peserta didik dan anak-anak merekamerupakan keterampilan yang wajib ada pada diri mereka untuk meningkatkan prestasi pesertadidik, karena motivasi dengan disertai iklim yang mendukung merupakan senjata yang akanmembuat peserta didik memiliki semangat juang untuk meraih cita-cita mereka. Sekecil apapunperhatian yang diberikan orang tua (nasihat, bimbingan, maupun penyediaan fasilitas belajar) akanmeningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan adanya perhatian dan lingkungan yangkondusif yang tercipta di rumah maupun disekolah mampu meningkatkan motivasi belajar pesertadidik yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatakan prestasi belajar peserta didik.Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Persepsi Pada Iklim Sekolah, dan Motivasi Belajar

Copyrights © 2019