Getsempena English Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2014)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO KLIP: FOKUS PADA PENGATURAN IDE : (Sebuah Penelitian Pada STKIP Bina Bangsa Getsempena)

Rahmi Fhonna (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada upaya untuk Meningkatkan kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris dengan menggunakan video klip. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penggunaan video klip dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis teks naratif Bahasa Inggris, untuk mengetahui sejauh mana efektifitas dari penggunaan video klip untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis teks naratif, serta untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang menulis teks naratif dan faktor apa saja yang menyebabkan mereka sulit menghasilkan ide untuk menulis teks tersebut. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui 2 (dua) tehnik; tes dan questionnaire. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menulis teks naratif dengan menngunakan video klip. Sementara questionnaire didistribusikan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan video klip dalam membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan menulis teks naratif serta untuk mengetahui kesulitan – kesulitan yang dihadapi mahasiswa xdalam menghasilkan teks naratif, yang dapat diketahui melalui tanggapan atau jawaban dari mahasiswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Bahasa Inggris STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pada program studi (Prodi) Bahasa Inggris, sementara sampel yang digunakan untuk penelitian adalah mahasiswa Prodi Bahasa Inggris semester III angkatan tahun 2012, sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukkn bahwa nilai rata-rata pre-tes memiliki perbedaan yang besar dengan nilai rata-rata post-tes, dimana 56,2 untuk pre-tes dan 75,5 untuk post-tes. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media video klip dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis teks naratif Bahasa Inggris.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

geej

Publisher

Subject

Education

Description

Getsempena English Education Journal (e-ISSN: 2502-6801 and p-ISSN 2355-004X) is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant research, thought and research results in the field of English. Any visitor to this site can browse ...