Jurnal Marketing
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Marketing

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA HOTEL PANGERAN BEACH PADANG

Susriyanti Susriyanti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah penelitian desdkriptif kuantitatif mengenai pengaruh pelayanan terhadap kepuasan tamu pada Hotel Pangeran Beach Padang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari Hotel Pangeran Beach Padang mengenai pelayanan terhadap kepuasan tamu Hotel Pangeran Beach Padang, yng diambil melalui penyebaran kuisioner dan data sekunder bersumber dari data yang sudah di Hotel Pangeran Beach Padang beserta sumber refensi yang digunakan. Dari pengamatan yang telah dilakukan diketahui adanya keluhan pengunjung terhadap kualitas pelayananan ini. Dari hasil penelitian terhadap 100 orang responden dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda maka diperoleh hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 16 maka terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas pelayanan yang dilihat dari Reability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empthy (X4), dan Tangible (X5) terhadap kepuasan tamu pada Hotel Pangeran Beach Padang. Dari hasil pengolaan data dengan menggunakan R2 ditemukan nilai R2 sebesar 0,157, artinya keseluruhan dimensi kualitas pelayanan memiliki kontribusi dalam mempengaruhi kepuasan tamu pada Hotel Pangeran Beach Padang sebesar 15,7 %. Dengan uji f secara simultan semua dimensi kualitas yang menjadi variabel indpenden berpengaruh signifikan. Dengan uji regresi semua variabel berpengaruh positif namun secara parsial dengan uji t yang signifikan memberi pengaruh hanya Tangible (X5) saja sedangkan empat variabel lainnya tidak mempunyai pengaruh signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Marketing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Marketing STIE Perbankan Indonesia menerbitkan artikel-artikel di bidang manajemen, seperti keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, sistem informasi manajemen, kewirausahaan dan studi terkait lainnya. Para editor menerima artikel paling lambat sebulan sebelum jadwal terbit . Penulis ...