At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 3, No 2 (2019): JULI-DESEMBER 2019

LONG LIFE EDUCTION DALAM PERSPEKTIF HADITS (Suatu Tinjauan Pendidikan Sejak Pranatal dan Analisis Terhadap Kualitas Hadits Pendidikan Sepanjang Hayat)

Iswati Iswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2020

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang Konsep “Long life Education” dan menganalisa kualitas hadits mahsyur tentang hal tersebut yang selama ini menjadi sumber dalam pendidikan Islam. Long Life Education, sebuah istilah yang mempunyai makna “Pendidikan Sepanjang Hidup” atau pendidikan seumur hidup. Istilah ini sejalan dengan adegium masyhur yang sering dikemukakan ahli hikmah yakni “Uthlubul ‘ilma minal Mahdi ilal lahdi” yang artinya “Tuntutlah ilmu mulai dari ayunan hingga ke liang lahat”. Apabila  ungkapan itu dimaknai secara literal maka akan didapat suatu pemahaman bahwa pendidikan manusia hanya terbatas dari mulai seseorang dilahirkan hingga kematiannya. Ini jelas kurang tepat, untuk itu harus dimaknai secara kontekstual bahwa pengertian ayunan harus dimaknai sebelum dilahirkan, tepatnya sejak masih dalam kandungan. Pemaknaan demikian tentu lebih sesuai dengan yang dikehendaki Islam. Sampai saat  ini banyak  hadits sangat mahsyur terkait motivasi pendidikan sepanjang hayat yang dijadikan rujukan dalam pendidikan Islam. Meskipun hadits tersebut sangat mashyur di dunia pendidikan Islam, alangkah lebih baik jika kita menganalisa tentang kualitas hadits tersebut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

attajdid

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi ...