Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah efektifitas dari penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ibadah shalat di kelas VII A MTSN I lampung timur tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan model siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto terdiri dari, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) siklus, yang mana masing-masing siklus mempunyai 3 (tiga) kali pertemuan.Berdasarkan hasil data penelitian yang berhasil dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa dalam melaksanakan ibadah shalat dengan gerakan dan bacaan yang tepat dalam shalat. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 52% dan siklus II sebesar 80%.
Copyrights © 2020