Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah umum perlu dikembangkan agar mampu menjawab tantangan zaman. Penelitian ini dilakukan dengan kajian bibiliografi dan wawancara.Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengembangan kurikulum PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta mengintegrasikan tiga lingkungan pendidikan (sekolah, keluarga dan masyarakat), serta sains dengan ajaran Islam (khususnya Islam versi manhaj tarbiyah). Walau menggunakan KTSP, kurikulum PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta tetap mengacu pada kurikulum PAI Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), dan berlandaskan ajaran manhaj tarbiyah. Hal ini tercermin dalam komponen materi kurikulum , misalnya, yang mengandung muwāshafat/kifāyah tarbawiyyah, dan juga seperti dalam komponen metode yang menggunakan pendekatan keteladanan.
Copyrights © 2020