Account : Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan
Vol 5, No 2 (2018): Account Vol 5 No 2 Desember 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH NON MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN BANK JABAR BANTEN SYARIAH KCP BSD

Khairunnisa, Itsnaini (Unknown)
Rozza, Sylvia (Unknown)
Muchtasib, Ach. Bakhrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine what factors affect the interest of non-Muslim customers in using Islamicbank savings products. And this research also aims to analyze the most dominant factors affecting theinterest of non-Muslim customers in using Islamic bank savings products. The analytical method usedis quantitative analysis. This analysis includes: validity and reliability testing, KMO test and BarlettTest and MSA (measures of sampling adequency). The sample used in this study was 52 respondents.The result of the analysis shows that there are three variables formed from five variables, namelylocation, service quality, and religious stimuli, which influence the interest of non-Muslim customers inusing islamic bank saving products. The result of this study is expected to be benefited for BSD JabarBanten Sharia Bank in investigating factors that influence the customer intention to invest in islamicbank saving products.  Keywords: Location Factor, Service Quality Factor, Religious Stimuli Factor, and Interest In Saving  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah nonmuslim dalam menggunakan produk tabungan bank syariah. Dan penelitian ini juga bertujuan untukmenganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat nasabah non muslim dalammenggunakan produk tabungan bank syariah. Metode analisis yang digunakan adalah analisiskuantitatif. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji KMO dan Barlett Test dan MSA(measures of sampling adequency). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga variabel yang terbentuk dari lima variabelyaitu, lokasi, kualitas pelayanan, dan religius stimuli. Yang mana mempengaruhi minat nasabah nonmuslim dalam menggunakan produk tabungan bank syariah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapatmemberi keuntungan untuk Bank Jabar Banten Syariah Kcp BSD dalam menyelidiki faktor-faktor yangbermaksud untuk mempengaruhi nasabah agar berinvestasi pada produk tabungan bank syariah. Kata Kunci: Faktor Lokasi, Faktor Kualitas Pelayanan, Faktor Religius Stimuli dan Minat Menabung

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

acc

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Account merupakan jurnal yang diterbitkan untuk memberikan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dibidang akuntansi, keuangan dan perbankan. Artikel yang dimuat di jurnal ini merupakan kajian teoritis dan hasil riset terapan dibidang akuntansi, keuangan dan ...