JIM (Jurnal Ilmu Manajemen)
Vol 4, No 2 (2018): JURNAL ILMU MANAJEMEN

Analisis Model BisnisUsahaCoffee Shop Melalui Kanvas Model Bisnis dan Peta Empati: Studi Kasus padaCoffee Shop di Malang

Bagus Ibnu Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2018

Abstract

Persaingan dalam industri kuliner saat ini semakin marak, khususnya coffee shop. Keberadaan coffee shop seakan menjadi gaya hidup yang menjadi tren di kalangan masyarakat modern. Potensi pertumbuhan yang pesat didorong oleh bertambahnya jumlah mahasiswa yang ada di kota Malang. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat baik sekaligus juga akan meningkatkan persaingan antar pelaku bisnis dalam industri ini. Pertumbuhan konsumen Coffee Shop diiringi juga oleh pertumbuhan pelaku bisnis. Hal ini menjadikan persaingan Potensi pertumbuhan yang pesat ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat baik sekaligus juga akan meningkatkan persaingan antar pelaku bisnis dalam industri ini. Pertumbuhan konsumen Coffee Shop diiringi juga oleh pertumbuhan pelaku bisnis. Hal ini menuntut para pelaku bisnis untuk dapat memenangkan konsumen di tengah persaingan yang ketat sekaligus mengatasi kendala-kendala yang bisa terjadi di kota Malang semakin ketat. Observasi awal peneliti menunjukkan dua hal yang menjadi kekurangan dari pelaku bisnis Coffee Shop di kota Malang yaitu kurangnya wawasan mengenai konsumen dan model bisnis yang belum terencana. Subjek dalam penelitian ini adalah para pelaku bisnis Coffee Shop dan konsumen Coffee Shopdi kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Metode analisis data dilakukan dengan menganalisis kanvas model bisnis dari pelaku bisnis dan menganalisis peta empati konsumen Coffee Shop. Hasil penelitian yang dapat diambil dari penelitian ini, bahwa masih kurangnya analisis yang komprehensif dalam menyusun model bisnis seperti kanvas model bisnis dan peta empati konsumen oleh pelaku bisnis Coffee Shop di kota Malang. Kata Kunci : Coffee Shop, kanvas bisnis model, peta empati

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIM (Jurnal Ilmu Manajemen), published by the Postgraduate Program, Masters of Management, Universitas Widyagama Malang, as a forum to improve the quality of science and the dissemination of knowledge for academics, students, practitioners, and observers of science in the field of management. The ...