TUNAS BANGSA
Vol 2 No 2 (2015)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 TANAH JAMBO AYE ACEH UTARA

Zaki Al Fuad (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Musliana (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2015

Abstract

Penelitian berjudul ”Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara” diadakan karena permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, di mana masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dalam Keterampilan Membaca Cerita Siswa dengan Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition, tahap pelaksanaan, dan pada tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 33 responden yakni murid Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam kemampuan menulis puisi dengan Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition. Dari nilai tes awal diperoleh 27% siswa yang tuntas, siklus I mencapai 51% dan siklus II 81% siswa yang tuntas dalam belajarnya. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pada siklus 1 tindakan guru 72,5% meningkat menjadi 86,25% pada siklus 2. Kemudian pada kegiatan siswa hasil observasi siswa pada siklus 1 adalah 68,75% dan mengalami peningkatan yaitu 90% pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Cooperative Integrated Reading End Composition untuk keterampilan membaca cerita dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuan menulis puisi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tunasbangsa

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Bangsa Journal is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in the field of primary school education, critical study of teaching and learning for primary school, classroom action ...