Buletin Nutrisi dan Makanan Ternak
Vol. 14 No. 1 (2020)

PENGARUH SKARIFIKASI BIJI DENGAN PERLAKUAN AIR PANAS, MEKANIK DAN ASAM TERHADAP KEMUNCULAN BIBIT DAN PERTUMBUHAN AWAL LAMTORO (Leucaena leucocephala)

Muhammad Rusdy (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Pengaruh skarifikasi dengan air panas, mekanik dan asam terhadap kemunculan bibit dan pertumbuhan awal lamtoro (Leucaena leucocephala) diteliti. Hasil berbagai metoda skarifikasi biji  menunjukkan bahwa semua metoda skarifikasi yang digunakan memperbaiki kemunculan dan pertumbuhan awal  Lamtoro. Perendaman biji di dalam asam sulfat selama 20 dan 24 menit menghasilkan persentase kemunculan bibit, tinggi tanaman, jumlah daun, biomassa bahan kering tertinggi dan indeks kemunculan bibit terendah, disusul dengan skarifikasi mekanik dengan pemotongan biji pada bagian mikropil dan perlakuan air panas temperatur 80o C selama dua menit. Kemunculan bibit dan pertumbuhan awal Lamtoro terendah diperoleh pada kontrol. Dapat disimpulkan bahwa skarifikasi biji dibutuhkan untuk memperbaiki kemunculan dan pertumbuhan awal bibit Lamtoro dengan skarifikasi asam merupakan metode terbaik, walaupun dari sudut pandang petani, karena kesulitan penanganan dan biaya yan tinggi mungkin bukan merupakan metode terbaik. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bnmt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Buletin Nutrisi dan Makanan Ternak merupakan open peer reviewed journal menerbitkan artikel ilmiah dengan fokus pada bidang nutrisi dan makanan ternak dengan cakupan (focus and scope), diantaranya: Nutrisi Ruminansia Kimia Pakan Tanaman Pakan dan Pastura Nutrisi Non-Ruminansia Teknologi dan Industri ...