KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
2019: PROSIDING : SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR

PENGARUH METODE COPY THE MASTER TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI OLEH MAHASISWA SEMESTER II PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Oktavia Lestari P (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh metode Copy The Master terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi. Lokasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahamahasiswa semester II pendidikan bahasa dan sastra Indonesia universitas muhammadiyah sumatera utara yang berjumlah 40 mahamahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara teliti secara objek penelitian serta adanya kontrol terhadap objek penelitian tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa tes yaitu tes menulis wacana argumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis maka to diperoleh dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1 % dengan dk = (N1 +N2) -2 = (25+25) – 2 = 48. Pada tabel t dengan dk = 48 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,01 dan taraf signifikan 1% = 2,68. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,01<6,18 dan 6,18 > 2, 68 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka hipotesis berbunyi “Adanya Pengaruh Metode Copy The Master terhadap Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi Oleh Mahamahasiswa Semester II Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara” dapat diterima.

Copyrights © 2019