IMAGE
Vol 9, No 1 (2020): IMAGE : Jurnal Riset Manajemen, April 2020

STRATEGI PENINGKATAN KUNJUNGAN MUSEUM DI ERA COVID-19 MELALUI VIRTUAL MUSEUM NASIONAL INDONESIA

Achyarsyah, Mochamad (Unknown)
Rubini, Rizki Adriansyah (Unknown)
Hendrayati, Heny (Unknown)
Laelia, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2020

Abstract

Kondisi pandemic Covid-19 menyebabkan keterpurukan industri pariwisata. Salah satu strategi yang digunakan untuk mempertahankan kunjungan wisatawan adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.. Digital tourism dimanfaatkan sebagai media promosi online, yang belum banyak digunakan oleh destinasi wisata khususnya wisata heritage. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah rendahnya minat wisatawan berkunjung ke wisata heritage salah satunya adalah Museum Nasional Indonesia ditengah pandemic covid-19. Strategi yang dapat dilakukan dalam mengatasi minat berkunjung adalah dengan memanfaatkan promosi yang menyesuaikan perkembangan zaman, yaitu online and social media marketing yang didalamnya terdapat virtual museum. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh dari virtual museum Nasional Indonesia terhadap minat berkunjung. Sampel yang diambil adalah sebanyak 100 wisatawan nusantara yang pernah berkunjung ke Virtual Museum Nasional Indonesia yang dijadikan sebagai responden. Teknik penarikan sampling yang digunakan adalah Convenience sampling. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji asumsi klasik dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan virtual museum sebagai media promosi dinilai efektif dalam meningkatkan minat berkunjung oleh responden. Hasil perhitungan analisis jalur diketahui bahwa virtual museum memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung ke Museum Nasional Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

image

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

IMAGE with registered number ISSN 2339-2878 (Print), is a peer-reviewed journal published two times a year (April and November) by Program Studi Manajemen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia. IMAGE is intended to be the journal for publishing articles reporting ...