Proceeding SENDI_U
2016: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS

ANALISIS KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH BATIK DI PROVINSI JAWA TENGAH

Sugiyarti, Gita (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2016

Abstract

Tujuan utama studi ini ialah mengembangkan sebuah model konseptual kinerja pemasaran mengenai inovasi produkdan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Target khusus penelitianini untuk menguji secara empirik pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing danpengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Teknik sampling berdasarkan purposive sampling.Sampel diambil sebanyak 115 responden usaha kecil menengah batik di Provinsi Jawa Tengah. Data dalampenelitian ini diperoleh dengan cara wawancara. Pengumpulan data dengan menggunakan kombinasi pertanyaanterbuka dan pertanyaan tertutup, yang diberikan kepada responden. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisisdengan menggunakan Structural Equation Modeling ( SEM ).Temuan teoritis studi ini adalah memperkaya literature untuk menciptakan kinerja pemasaran. Sedangkan temuanmanajerial dalam studi ini adalah membangun keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaranKata Kunci: inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran

Copyrights © 2016