SOSIOLOGI NUSANTARA
Vol 6, No 1 (2020)

Menilik Keunggulan Classroom Talk Dalam Penguatan Penanaman Nilai Karakter Siswa SMP

ina nurnina (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif bagi sekolah dan pendidik, khususnya dalam memberikan penanaman konsep nilai-nilai karakter kedalam kelas, dengan cara yang menyenangkan dan selaras dengan konsep pembelajaran abad 21. Pendidikan Karakter merupakan sarana utama dalam mencapai tujuan pembangunan sumber daya manusia, yang secara terus – menerus disempurnakan pemerintah baik melalui pengintegrasian dengan kurikulum, pemberian training kepada fasilitator program PPK dari unsur sekolah dan komite sekolah (orang tua), masyarakat, maupun dalam bentuk kerjasama program dengan institusi formal lainnya.Efektivitas metode classroom talk sebagaimana dinyatakan dalam berbagai teori dalam proses pembelajaran dirasakan membantu dalam memotivasi siswa memahami sebuah kasus atau permasalahan yang diberikan. Siswa aktif berfikir konstruktif dalam memecahkan masalah, didukung dengan diskusi yang melibatkan seluruh siswa di kelas menjadikan metode ini memberikan banyak hal baru yang dikatakan sebagai inquiry based learning yang lebih mudah di ingat dan dimengerti siswa.Penelitian dilakukan pada pembelajaran PKn di kelas VII A, SMP YPI – Bintaro Jakarta selatan, untuk mengetahui adanya pengaruh classroom talk pada tingkat pemahaman siswa terkait konsep dan penerapan toleransi dalam interaksi sosial, menggunakan uji paired sample T-test pada hasil pre tes dan post tes siswa. Pre test dilakukan tanpa perlakuan, sementara Post tes dilakukan setelah sebelumnya guru menerapkan perlakuan berupa metode classroom talk dengan tema toleransi.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan strategi pembelajaran classroom talk dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dan penerapan toleransi dalam interksi sosial. Sehingga dalam kaitannya dengan penerapan konsep pembelajaran abad 21, strategi atau metode pembelajaran classroom talk dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kualitas pemahaman dan internalisasi nilai-nilai karakter siswa. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsn

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Bengkulu. Jurnal Sosiologii Nusantara teregistrasi dengan ISSN Print (2460-9099) dan ISSN Online (2622-9617). Jurnal ini menerima artikel ilmiah yang ...