Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 7, No 1 (2020): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA

Moh Wahyu Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Malang)
Adi Slamet Kusumawardhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah Pertama, menganalisis strategi penanaman nilai-nilai karakter di SMA Negeri 7 Malang dan Kedua, menganalisis strategi penanaman nilai-nilai karakter dalam membentuk sikap demokratis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif informan utama ialah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru sebagai informan di lingkungan SMA Negeri 7 Kota Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari 2 (dua) yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: Pertama, Teknik observasi; Kedua, Teknik wawancara; dan Ketiga, Teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles Hubarman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Hasil penelitian ini ialah, Pertama Penguatan pendidikan karakter di lingkungan sekolah diintegrasikan dalam  beberapa  pendekatan,  salah  satunya  ialah  kegiatan  proses  belajar mengajar  pada  setiap  mata  pelajaran. Kedua, penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap demokratis siswa dan pada kegiatan pembelajaran juga didukung dengan kegiatan intra dan ekstra kulikuler, temuan lain nampak pada keterlibatan siswa dan orang tua diajak dalam pengambilan keputusan sekolah. Ketiga, Melalui budaya sekolah, siswa diberikan pendampingan dan pembinaan khususnya siswa baru yang diadakan kegiatan di Rindam Brawijaya 5 DODIKJUR Malang, fokus kegiatan ini merupakan pembentukan dan peningkatan karakter.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...