Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Volume 29 Nomor 1 Mei 2020

Hubungan Wawasan Kebangsaan Terhadap Prestasi Mahasiswa PGSD dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderatingnya (Studi Pada Prodi PGSD di Jawa Timur)

Putri Mahanani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Muchtar Muchtar (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Siti Umayaroh (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
M. Imron Rosyadi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Iva Sugiarti (SD Modern Al Rifa'
i Gondanglegi)

Mohammad Resnanda Anugerah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Ike Yuli Kurniawati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Christianto Saputro (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

This study aims to provide empirical evidence about the influence of national insight and motivation on the relationship between national insight on the achievements of PGSD students. The design used in this study is quantitative research. The research instrument is a questionnaire. The research done in East Java, Malang and Jember. There were 432 respondents who were spread from state and private universities in East Java. Based on the data analysis, it was found that the students' knowledge related to national outlook did not affect the achievements of PGSD students. But motivation has been proven to influence the relationship between national insight and PGSD student achievement. The results showed that the existence of motivation (moderating variable) would be able to strengthen the relationship of national insight to student achievement. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh wawasan kebangsaan serta motivasi terhadap hubungan antara wawasan kebangsaan dengan prestasi mahasiswa PGSD. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Instrument penelitian berupa angket. Penelitian dilakukan di Jawa Timur, yaitu Malang dan Jember. Terdapat 432 responden yang tersebar di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil bahwa pengetahuan mahasiswa terkait wawasan kebangsaan tidak memengaruhi prestasi mahasiswa PGSD. Namun motivasi terbukti memengaruhi hubungan antara wawasan kebangsaan dan prestasi mahasiswa PGSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya motivasi (variabel moderating) akan dapat memperkuat hubungan wawasan kebangsaan terhadap prestasi mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SD

Publisher

Subject

Education

Description

Periodically published twice a year in May and November ( ISSN 0854-8285 ) ( E ISSN 2581-1983 ) ; contains writings on conceptual ideas, studies and application of theories, practical writing, and the results of educational research and teaching of elementary ...