Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage

Hidayati, Awanis (Unknown)
Bibi, Sarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Pontianak Heritage dipelajari oleh mahasiswa dalam mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia tentang mengenal sejarah daerah. Penggunaan media sangat penting untuk mendukung dan memfasilitasi proses pengajaran. Dengan berkembangnya teknologi, banyak cara untuk mengembangkan media pengajaran, salah satunya adalah dengan teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran sejarah Pontianak Heritage. Tahapan metode penelitian yaitu: (1) Concept, (2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing, dan (6) Distribution. Pada penelitian ini menggunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality, disertai dengan gambar marker bangunan sejarah yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D. Setelah diadakan pengujian kelayakan sistem menggunakan alpha testing dan beta testing, aplikasi dinyatakan dapat berjalan dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan.

Copyrights © 2020