Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi)
Vol 9, No 1 (2020): Juni 2020

STUDI MANAJEMEN MARKETING BERBASIS ONLINE (PENELITIAN PADA UMKM PRODUKSI MEBEL DI BABAKAN MUNCANG TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA)

Lia Yulia (Universitas Galuh Ciamis)
Wiwin Setianingsih (Fakultas Ekonomi, Universitas Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2020

Abstract

Masalah marketing menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis UMKM, berhubung sebagian besar pelaku bisnis UMKM masih mengandalkann cara pemasaran konvensional. Sedangkan pertumbuhan ekomomi dan teknologi yang terus maju secara tidak langsung mendorong pengusaha mebel agar meningkatkan produksi. Namun kurangnya pengetahuan mereka dalam menggunakan teknologi yang maju sebagai media promosi menjadi hambatan pemasaran. Sebagian besar para pelaku UMKM mebel di Jl. Tamansari Gobras Kota Tasikmalaya belum memahami dan menerapkan konsep pemasaran berbasis online dalam memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penerapan konsep marketing berbasis online serta penerapannya dalam meningkatkan perkembangan usaha UMKM mebel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang digunakan untuk memaparkan fenomena terkait peran penerapan konsep marketing berbasis online dalam meningkatkan perkembangan usaha pada UMKM mebel tersebut. Hasil penelitian menunjukan dengan diterapkannya sistem manajemen marketing berbasis online ada peningkatan jumlah penjualan dan jumlah konsumen. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JurnalManeksi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Yth Pengelola Garuda Kami Editor Jurnal maneksi memohon agar nama jurnal kami disesuaikan dengan nama jurnal yang ada di ISSN Brin dari Jurnal Maneksi menjadi Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), karena hal ini menjadi masukan ketika kami mengajukan akreditasi jurnal kami. Atas bantuan ...