Penelitian ini dilakukan di Samalanga Kabupaten Bireuen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pihak BRI melalui ATM di Samalanga terhadap kepuasan para pegguna ATM BRI Samalanga. Penelitian ini memiliki populasi yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya sehigga penggambilan sampel dengan tehnik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang telah diisi responden dan di analisis dengan persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian diketahui koefisien regresi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM BRI di Samalanga. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,382 atau sebesar 38,2% variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna ATM di Bank BRI Cabang Samalanga, dan sisanya sebesar 61,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Uji t diperoleh pada variabel tangibles, reliability, assurance, dinyatakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna ATM Bank BRI Cabang Samalanga sedangkan responsiveness dan empathy tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna ATM Bank BRI Cabang Samalanga serta secara simultan variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna ATM Bank BRI Cabang Samalanga
Copyrights © 2015