Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang. Siswa kelas IV SD berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara pada pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkuangan. Berdasarkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 62% dengan kategori cukup. Aktivitas belajar siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 85% dengan kategori baik. Persentase kemampuan berbicara siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 57,5% dengan kategori cukup, serta adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa pada siklus 2 sebesar 83% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa kelas IV SD.
Copyrights © 2020