JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hadi Kuncoro (Unknown)
Irawan Suntoro (Unknown)
Supomo Kandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2015

Abstract

This study aimed to describe the principal roles in implementing 2013 Curriculum, with the following sub-focus: the principal roles as an educator, as a supervisor, as a manager, as a facilitator, and constraints in implementing 2013 Curriculum. This study was conducted in Public Junior High School (SMPN) 1 Gisting in Tanggamus District, using descriptive qualitative approach with phenomenological method. The data were then analyzed and presented in the form of narrative description. Analyzed was based on the results of interviews, observation and documentation of the facts and events. Results of this study are: (1) the role of the principal as an educator in implementing 2013 Curriculum, (2) the role of the principal as a supervisor in implementing 2013 Curriculum, (3) the role of the principal as a manager in implementing 2013 Curriculum, (4) the role of the principal as a facilitator in implementing 2013 Curriculum, and (5) constraints in implementing 2013 Curriculum comprised two factors: teachers and availability of supporting materials.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran utama dalam melaksanakan Kurikulum 2013, dengan mengikuti sub-fokus: peran utama sebagai pendidik, sebagai pengawas, sebagai manajer, sebagai fasilitator, dan kendala dalam melaksanakan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri (SMPN) 1 Gisting di Kabupaten Tanggamus, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologis. Data kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskripsi narasi. Analisis berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi fakta dan peristiwa. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) peran kepala sekolah sebagai pendidik dalam melaksanakan Kurikulum 2013, (2) peran kepala sekolah sebagai pengawas dalam melaksanakan Kurikulum 2013, (3) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, (4) peran kepala sekolah sebagai fasilitator dalam melaksanakan Kurikulum 2013, dan (5) kendala dalam melaksanakan Kurikulum 2013 terdiri dari dua faktor: guru dan ketersediaan bahan pendukung.Kata kunci: implementasi, kurikulum 2013, peran kepala sekolah

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...