JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
Vol 1, No 3 (2014)

PENGETAHUAN GURU IPS TERPADU SMP SEDERAJAT DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA MENGHADAPI PENERAPAN KURIKULUM 2013

Erma Suryani (Universitas Lambung Mangkurat)
Karunia Puji Hastuti (Universitas Lambung Mangkurat)
Sidharta Adyatma (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Utara menghadapi Penerapan Kurikulum 2013”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Utara dalam menghadapi Penerapan Kurikulum 2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru 14 SMP Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Utara yaitu sebanyak 42 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data berdasarkan data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui observasi dan angket, dan data sekunder di dapat melalui studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis persentase.Hasil dari penelitian ini adalah diketahui Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Utara dalam menghadapi Penerapan Kurikulum 2013, yang terdiri dari pengetahuan guru tentang kompetensi inti, mata pelajaran dan alokasi waktu, beban belajar, kompetensi dasar, dan muatan pembelajaran. Sebagian besar pengetahuan guru IPS Terpadu menghadapi penerapan Kurikulum 2013, sudah mengetahui namun pengetahuannya masih rendah. Pengetahuan guru tentang mata pelajaran dan alokasi merupakan pengetahuan yang paling dominan diketahui guru, dengan predikat sangat tinggi. Kata Kunci: Pengetahuan, Guru, Kurikulum 2013

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) publishes articles from research in the field of geography and geography education, which have not been published elsewhere. This journal is periodically published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung ...