Annual Research Seminar
Vol 4, No 1 (2018): ARS 2018

Rancangan Perilaku Belanja Customer pada E-marketplace dengan algoritma Hybrid Improved Tabu Search untuk optimasi Association Rule Mining (FP-Growth)

Ayu Meida (Sriwijaya University)
Willy Willy (Unknown)
Dwi Lydia Zuharah Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2019

Abstract

Kebiasaan seseorang dalam melakukan transaksi belanja pada suatu e-marketplace mempunyai suatu pola kesamaan memilih produk yang sama. Association Rule Mining merupakan salah satu teknik  menambang data informasi yang berguna dalam mengidentifikasi kebiasaan tersebut. Kegiatan transaksi dirancang untuk mempermudah pelanggan dalam menentukan produk belanja sesuai kebutuhan  yang diinginkan dengan tujuan kenyamanan berbelanja, terutama kemudahan dalam memberi masukan relasi produk sebagai rekomendasi berdasarkan konsumen lain pada umumnya. Penelitian ini menentukan pola perilaku belanja pelanggan pada E-marketplace dengan bantuan  Hybrid Improved Particle Swarm Optimization integrasi dengan Tabu Search dan Association Rule Mining dengan algoritma FP Growth dalam menentukan kebiasaan berbelanja pelanggan.

Copyrights © 2018