Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 1 (2019)

PEMBINAAN KARYA ILMIAH REMAJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTORIAL PADA GURU SMA SEKOLAH MUHAMMADIYAH SEKTOR MEDAN

Hayati, Feri (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Amri, Yusni Khairul (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Amalia, Nadra (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Permasalahan pemahaman guru tentang kompetensi siswa dalam menulis karya ilmiah selama ini terabaikan, padahal, Kompetensi Keterampilan menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) wajib dimiliki Guru sesuai dengan tuntutan profesionalisme Guru. Sementara itu, guru mengabaikan materi karya ilmiah di kelas karena kekurangmampuan dalam mengajarkannya, keterampilan menulis Karya Tulis Ilmiah siswa dianggap terlalu rumit, mengajarkan keterampilan menulis karya ilmiah membutuhkan waktu yang lama, faktor pendukung sarana dan prasarana yang terbatas. Siswa yang ingin menulis karya tulis ilmiah tidak mendapat pembimbingan Berdasarkan fenomena masalah tersebut maka target kegiatan pengabdian ini, a) memberikan pengetahuan tentang menulis penelitian/ karya ilmiah kepada guru dan melatih guru dalam melakukan tutorial serta tahapan pembimbingan kepada siswa untuk terampil menulis karya ilmiah. Serta memantau perkembangan proses tutorial yang dilakukan guru.

Copyrights © 2019