Penggunaan smartphone semakin dianggap sangat penting dalam menunjang kebutuhan hidup. Bahkan anak-anak dan remaja maupun guru-guru di sekolah saat ini menggunakan smartphone untuk berkomunikasi hingga mengerjakan tugas. Hal ini merupakan peningkatkan dari pemanfaatan internet dan smartphone sebagai sarana pendidikan. Lembaga bimbingan online salah satunya Ruang Guru sudah menuju kearah pendidikan digital, dengan pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat smartphone yang dapat memudahkan siswa-siswi sekolah dalam mengakses materi pembelajaran. Dalam penelitian ini mengevaluasi aplikasi ruang guru menggunakan model Unified Theori of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan model kesuksesan DeLone and McLean. Data yang digunakan sebanyak 100 responden siswa dan siswi SMP dan SMA di Kota Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian, dari variabel-variabel yang digunakan terdapat pengaruh variabel dengan tingkat hubungan yang sedang dan lemah terhadap niat penggunaan aplikasi ruang guru.
Copyrights © 2020