Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 3, No 2 (2020): Maret

Perilaku Sosial Remaja dan Tayangan Televisi (Analisis Teori Kultivasi)

Nurliya Ni'matul Rohmah (Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan perilaku sosial remaja dan tayangan televisi yang dianalisis menggunakan teori kultivasi. Deskripsi tersebut terkait dengan pengaruh tayangan televisi terhadap perilaku sosial remaja khususnya di dusun Lendang Berora Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik, sedangkan rancangan penelitiannya adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di dusun Lendang Berora Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, dengan menggunakan teknik sampling klaster. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengukuran statistik deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Adapun teknik pengolahan data dengan tahap penomeran kuesioner, editing dan tabulasi.Hasil penelitian berdasarkan analisa dan uji statistik menunjukkan bahwa  bahwa tayangan televisi memang mempengaruhi perilaku sosial remaja,  nilai 0,796 pada variabel tayangan televisi (X) bernilai positif sehingga dapat dikatakan semakin tinggi tayangan televisi (X), maka semakin berpengaruh pula terhadap perilaku sosial remaja. 54,8% perilaku remaja dipengaruhi oleh tayangan televisi, sedangkan sisanya 45,2% perilaku remaja dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini Abstract:This study aims to describe the social behavior of tennager and television shows analyzed using by cultivation theory. The description is related to the effect of television shows on tennager’s social behavior, especially in the sub-village of Lendang Berora, Sigar Penjalin Village, Tanjung District, North Lombok Regency. This research is a quantitative research with a statistical approach, while the research design is correlation research. The population in this study was tennagers in the Lendang Berora sub-village, Sigar Penjalin Village, Tanjung District, North Lombok Regency, using cluster sampling techniques. Data collection methods used in the form of questionnaires, observations, and documentation. Data analysis techniques used descriptive statistical measurements, correlation analysis, simple linear regression analysis and hypothesis testing. The data processing techniques with the questionnaire numbering stage, editing and tabulation.The results of the study based on analysis and statistical tests show that television shows do influence tennager’s social behavior, a value of 0.796 on the television show variable (X) is positive so it can be said that the higher the television show (X), the more influence on social behavior of tennagers. 54.8% of tennager’s behavior is influenced by television shows, while the remaining 45.2% of tennager’s behavior is influenced by variables not examined in this study

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jail

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari ...