IQRO: Journal of Islamic Education
Vol 3, No 1 (2020): JULI 2020

TRANSFORMASI ELEMEN PESANTREN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN AS’ADIYAH SENGKANG: KONTINUITAS DAN PERUBAHAN

Muhammad Irfan Hasanuddin (Unknown)
Sudirman Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi konsep Dhofier tentang elemen pesantren dan bagaimana elemen ini bertransformasi dalam mengaya pembelajaran bahasa Arab di Pesantren As’adiyah dalam konteks kontinuitas dan perubahan. Tulisan ini dielaborasi dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi serta sutdi dokumen. Dengan menggunakan kerangka kontinuitas dan perubahan, penelitian menemukan bahwa transformasi elemen pesantren: kiyai-santri, mesjid-pengkajian kitab kuning dan asrama pesantren, berkontribusi positif dalam memperkaya pembelajaran bahasa Arab melalui integrasi pembelajaran di Pesantren As’adiyah Sengkang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...