Humanika
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Humanika: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN KARTU SELULER GSM DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN

Handayani, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas pelanggan kartu seluler GSM. Tujuan penelitian ini adalah membuat model diskriminan loyalitas pelanggan kartu seluler GSM dari faktor-faktor yang mempengaruhi. Objek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa program studi matematika Universitas Pamulang. Variabel yang digunakan terdapat 7 variabel yang terdiri dari satu variabel dependen Loyalitas Pelanggan (loyal dengan nilai grup 1 atau tidak loyal dengan nilai grup 2) dan 6 variabel independen yaitu Harga (X1), Kualitas Produk (X2), Kepercayaan (X3), Kualitas Pelayanan (X4), Promosi (X5), Biaya Beralih (X6) data yang digunakan sebanyak 180 sampel. Dalam persiapan awal, data dikumpulkan dalam bentuk angket dan jumlah sampel diambil menggunakan metode slovin. Lalu data di uji validitas dan reliabilitas-nya dengan menggunakan bantuan program SPSS. Metode yang digunakan adalah analisis diskriminan. Berdasarkan hasil output model diskriminan menggunakan program SPSS versi 16 menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan kartu seluler GSM yaitu Kualitas Produk (X2) dan Promosi (X5).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

humanika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah HUMANIKA adalah wadah berkarya bagi para penulis dan peneliti untuk menerbitkan tulisannya tentang berbagai bidang keilmuan seperti ilmu sosial, pendidikan dan humaniora. Karya yang kami usung adalah artikel, hasil penelitian dan review buku yang menjadikan masyarakat dan manusia ...