Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 4, No 1 (2020)

Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman Pribadi Siswa SMA menggunakan Model Sinektis

Yuli Asmara Budi Nurani (SMAN 1 GEGER)



Article Info

Publish Date
23 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek yang didasarkan pada pengalaman pribadi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Geger kabupaten pada siswa kelas XI IPA 2 dengan menerapkan model sinektis. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam bentuk siklus pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus. Terdapat peningkatan skor rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa dari pra siklus hingga selesainya siklus sebesar 17,35. Secara garis besar model sineksis mampu meningkatkan kemampuan menulis cerpen bagi siswa.

Copyrights © 2020