Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 4, No 1 (2020)

Analisis Keselarasan Antar Komponen RPP pada Materi Teks Prosedur Kelas VII SMP

Anita Rachmawati (Universitas Negeri Semarang)
Rahayu Pristiwati (Universitas Negeri Semarang)
Wagiran Wagiran (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keselarasan antar komponen RPP pada materi teks prosedur kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian kepustakaan. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif sebagai pendekatan untuk menganalisis keselarasan antar komponen RPP pada materi teks prosedur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data sekunder. Adapun data sekunder melalui RPP, telaah pustaka dari jurnal ilmiah internasional, nasional, artikel ilmiah, dan buku-buku terkait dengan topik karya ilmiah. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Reduksi data diartikan sebagai proses pemilihan membatasi suatu penyajian. Penyajian data sebagai sekumpulan informasi tersusun yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Kesimpulan-kesimpulan juga diverifikasi selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini yaitu terdapat keselarasan antar komponen RPP. Pertama, keselarasan antara SKL, KI, KD, IPK, dan Tujuan Pembelajaran. Kedua, Keselarasan KD-IPK dengan Materi Pembelajaran. Ketiga, keselarasan KD-IPK-Tujuan Pembelajaran dengan proses KBM. Keempat, keselarasan KD-IPK-Tujuan Pembelajaran dengan Penilaian.

Copyrights © 2020