Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 9 no. 2

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DI TK ISLAM AL AZHAR 27

Dian Cristiati Perdana (Unknown)
Muktiono Waspodo (Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Abdul Madjid (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dan kemampuan bicara setelah diterapkannya metode bercerita. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1). Apakah penerapan metode bercerita  dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa  TK Islam Al Azhar 27 Cibinong? (2) Apakah penerapan metode bercerita  dapat meningkatkan kemampuan bicara siswa  TK Islam Al Azhar 27 Cibinong?(3). Bagaimanakah proses penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan bicara kelompok A TK Islam Al Azhar 27 Cibinong ?Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Sampel sebanyak 24 siswa  pada kelompok A. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatifTeknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil pengolahan data kemampuan menyimak anak ditunjukkan dari prosentase tiap-tiap indikator dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) , yakni : (1) menonton film  pada siklus 1 sebesar 46%,siklus 2 sebesar 83%,siklus 3 sebesar 95,8%, (2)  Mendengarkan cerita siklus 1 sebesar 50%, siklus 2 menjadi 79% dan siklus 3 sebesar 87,5%, (3) auditory games siklus 1 sebesar 42%, siklus 2 sebesar 71%,  siklus 3 meningkat menjadi 95,8%.Peningkatan kemampuan bicara  ditunjukkan dari prosentase tiap-tiap indikator dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) , yakni: (1) menceritakan gambar  siklus 1 sebesar 58%, siklus 2 sebesar 75%, dan siklus 3 sebesar 87,5%, (2) bermain boneka tangan siklus 1 sebesar 67%, siklus 2  menjadi 84% dan siklus 3 sebesar 91,5%, (3) bermain gambar seri  siklus 1 sebesar 67%, siklus 2 sebesar 84%, dan siklus 3 menjadi 91,5%, melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan (80%). Proses penerapan kegiatan dengan menggunakan metode bercerita yang bervariatif dapat meningkatkan antusiasme aktivitas belajar siswa sehingga menunjukkan kenaikan yang sangat baik. Dengan demikian metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan bicara pada siswa kelompok A TK Islam Al Azhar 27 Cibinong Kabupaten Bogor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...