Media Mahardhika
Vol 17 No 3 (2019): May 2019

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR YANG MELAKUKAN HEDGING DI BURSA EFEK INDONESIA

Suprihandari, Miya Dewi (Unknown)
Masyhuri, Mohammad Ali (Unknown)
Pristiwantiyasih, Pristiwantiyasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kinerja keuangan dan ada tidaknya perbedaan secara signifikan antara perusahaan yang melakukan hedging dengan perusahaan yang tidak melakukan hedging. Obyek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang melakukan hedging dan yang tidak melakukan hedging tahun 2012 sampai dengan tahun 2014 yang listed di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan yang melakukan hedging berjumlah 20 perusahaan. Total sampel penelitian berjumlah 40 perusahaan manufaktur yang dipilih berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Pengukuran kinerja keuangan dengan menggunakan rasio keuangan yang terdiri dari Ratio Earning Per Share (EPS), Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Return On Assets (ROA), dan Return On Equity (ROE). Selanjutnya diuji dengan menggunakan Independent sample t-test, bila data pada rasio berdistribusi normal, tetapi bila data pada rasio berdistribusi tidak normal maka diuji dengan menggunakan uji Mann-Whitney.Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara perusahaan yang melakukan hedging dengan perusahaan non hedging untuk periode 3 tahun pengamatan. Berdasarkan analisis memberikan indikasi adanya peningkatan kinerja keuangan pada perusahaan yang melakukan hedging secara signifikan bila dibandingjan dengan perusahaan yang tidak melakukan hedging dengan melibatkan kurs valas sangat penting.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mahardika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide ...