Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Pendekatan Open-Ended Problem di SDN Rejuno 1 Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN Rejuno 1 Kecamatan Karangjati . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66.67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Open-Ended Problem dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SDN Rejuno 1 Kecamatan Karangjati , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Copyrights © 2020