Usaha guru mengarahkan pengalaman belajar siswa tidak selamnya dapat dilakukan dengan lancar, sering terdapat hambatan-hambatan yang memerlukan pemecahan. Usaha-usaha pemecahan harus disesuaikan dengan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru, melalui penelitian-penelitian kecil di kelas. Penelitian semacam ini sering disebut penelitian siklus. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengupayakan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan/panjaskes pada siswa kelas 5 semester ganjil melalui inquiry approach learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan untuk menemukan suatu konsep) di SDN 3 Sukodono – Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, tahun pelajaran 2019/2020. Dimana penelitian ini dilakukan per siklus. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian bahwa motivasi hasil prestasi yang diperoleh oleh siswa selama siklus awal sampai akhir siklus adalah mengalami kenaikan rata-rata secara keseluruhan 12,36%. Berdasarkan temuan yang diperoleh motivasi hasil prestasi yang dicapai oelh siswa setelah pembelajaran memakai media adalah 7,7% atau sekitar 8% daripada sebelum mendapatkan siklus, yang berarti bahwa setiap kali dilakukan refleksi dan revisi daris etiap siklus hasil belajar sudah menunjukkan adanya peningkatan.
Copyrights © 2020