Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 5 No 2 (2020): Volume 5 No.2 Tahun 2020

Mengoptimalkan Hasil Motivasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan/Penjaskes Pada Siswa Kelas 5 Semester Ganjil Melalui Inquiry Approach Learning Di SDN 3 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Tahun Pelajaran 2019/2020

Tridoyo Basuki, S.Pd. (SDN 3 Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Usaha guru mengarahkan pengalaman belajar siswa tidak selamnya dapat dilakukan dengan lancar, sering terdapat hambatan-hambatan yang memerlukan pemecahan. Usaha-usaha pemecahan harus disesuaikan dengan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru, melalui penelitian-penelitian kecil di kelas. Penelitian semacam ini sering disebut penelitian siklus. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengupayakan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan/panjaskes pada siswa kelas 5 semester ganjil melalui inquiry approach learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan untuk menemukan suatu konsep) di SDN 3 Sukodono – Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, tahun pelajaran 2019/2020. Dimana penelitian ini dilakukan per siklus. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian bahwa motivasi hasil prestasi yang diperoleh oleh siswa selama siklus awal sampai akhir siklus adalah mengalami kenaikan rata-rata secara keseluruhan 12,36%. Berdasarkan temuan yang diperoleh motivasi hasil prestasi yang dicapai oelh siswa setelah pembelajaran memakai media adalah 7,7% atau sekitar 8% daripada sebelum mendapatkan siklus, yang berarti bahwa setiap kali dilakukan refleksi dan revisi daris etiap siklus hasil belajar sudah menunjukkan adanya peningkatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...