Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 5 No 2 (2020): Volume 5 No.2 Tahun 2020

Mengoptimalkan Hasil Prestasi Belajar Matematika Dengan Kompetensi Dasar Mengenal Pengukuran Waktu Dan Panjang Melalui Metode Authentic Assesment Approach Learning Pada Siswa Kelas I Semester Ganjil Di SD Negeri 1 Pojok Kecamatan Dampit Kabupaten Malang

Nasukah, S.Pd. (SD Negeri 1 Pojok Kecamatan Dampit Kabupaten Malang)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Berdasarkan analisis data kualitatif dan profil tingkat pemahaman dengan hasil hasil prestasi belajar ditunjukkan melalui kegiatan siklus pada masing masing siklus. Maka pada siklus I dari data hasil prestasi belajar siswa diatas secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 57,4 (57%) dari sejumlah 26 siswa. Dimana standart Ketuntasan belajar siswa ditentukan sebesar 70 (70%). Maka karena rata rata 57,4 (57%) masih berada dibawah standart ketuntasan. Maka perlu diadakan kegiatan pada siklus II. Dan pada siklus II Dari data hasil prestasi belajar siswa diatas secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 65,4 (65%) dari sejumlah 26 siswa. Dimana Standart Ketuntasan belajar siswa ditentukan sebesar 70 (70%). Maka karena rata rata 65,4 (65%) masih berada dibawah standart ketuntasan. Maka perlu diadakan kegiatan pada siklus III. Dari data hasil prestasi belajar siswa diatas secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 74,9 (75%) dari sejumlah 26 siswa. Dimana standart Ketuntasan belajar siswa ditentukan sebesar 70 (70%). Maka karena rata rata 74,9 (75%) masih berada dibawah standart ketuntasan. Maka perlu diadakan kegiatan pada siklus III. Setelah pada siklus III ini data hasil prestasi belajar siswa diatas secara rata rata prestasi belajar siswa menunjukkan 97,4 (97%) dari sejumlah 26 siswa. Dimana standart ketuntasan belajar siswa ditentukan sebesar 70 (70%), dimana rata rata prestasi belajar menunjukkan 97,4 (97%). Karena hal ini berada diatas standart ketuntasan, Maka tidak perlu diadakan kegiatan pada siklus berikutnya. Maka dengan adannya pembelajaran Metode Authentic Assesment Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan dan Penerapan Penilaian Otentik) akan memperoleh beberapa keuntungan bagi siswa dan bagi siswa. Dengan pembelajaran Metode Authentic Assesment Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan dan Penerapan Penilaian Otentik) akan membantu, mengembangkan dan menyelesaikan materi atau bahan Matematika tersebut tetapi anak didiknya benar-benar sudah berlatih dan mempunyai pengetahuan yang lebih mendalam. Selain itu tugas yang diberikan harus dicek apakah dikerjakan atau belum, kemudian perlu dievaluasi, karena akan memberi motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...