Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Vol 13 No 1 (2020): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual

KAJIAN KEGAGALAN KAMPANYE PERIKLANAN EXPERIENTIAL SOLIDARITAS SOCIAL DISTANCING COVID-19 MCDONALD’S BRAZIL

Alvanov Zpalanzani Mansoor (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Pewaralaba McDonald’s Brazil memublikasikan kampanye experiential solidaritas gerakan social distancing untuk menghambat pandemi Covid-19 pada 20 Maret 2020. Awalnya kampanye tersebut mendapat apresiasi positif, namun muncul sejumlah apresiasi negatif dari netizen media sosial global yang mengakibatkan McDonald’s menarik semua materi kampanye tersebut sambil meminta maaf. Kampanye ini dikaji secara deskriptif eksplanatif sebagai sebuah pembelajaran dalam bidang desain komunikasi visual, khususnya perancangan experiential marketing yang memanfaatkan identitas merek. Didapatkan bahwa strategi kampanye yang disusun melalui sejumlah modul pengalaman relevan dengan alasan rasional yang dibangun, akan tetapi tidak membangun empati atau ada kesenjangan pada aspek emosional. Selain itu terdapat kesenjangan informasi atas layanan dengan ekspektasi serta persepsi masyarakat terhadap merek dan kampanye yang dilaksanakan. Pertimbangan relasi antara pemanfaatan elemen identitas dan merek dengan persepsi dan ekspektasi akan kinerja merek harus disusun dan dipetakan dengan jelas sebelum merancang sebuah kampanye dengan strategi experiential marketing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

FSD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Theories, methods, and implementations of new media technology. Topics include, but not limited to: 1. Digital technology for a creative industry 2. Development of Art and Design in Industry 3. Innovation and Creative Visual Experiment for Art and Design 4. Fine arts and performing ...