FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 6, No 1 (2020): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Radiusman Radiusman (Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram Jl. Majapahit No. 62 Mataram, Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pentingnya pemahaman konsep matematika yang tepat bagi siswa sekolah dasar, sehingga siswa sekolah dasar mampu untuk menyelesaikan permasalahan matematika itu sendiri, serta mampu melihat bahwa konsep matematika itu memiliki hubungan yang erat dengan bidang ilmu lain serta memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan tinjauan literatur dari berbagai sumber yang mengkaji pentingnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep dalam pembelajaran matematika. Pemahaman konsep pada pembelajaran matematika diperoleh dari kegiatan yang interaktif antara guru dan siswa. Siswa yang memiliki pemahaman konsep yang tepat akan mampu memberikan contoh, membandingkan, menjelaskan, menarik kesimpulan, menyelesaikan permasalahan matematika serta mampu melihat hubungan matematika dengan bidang ilmu yang lain. Siswa akan lebih mudah memahami pelajaran matematika jika memiliki konsep yang benar dalam pemikirannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...