Tujuan dalam melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK yang dilaksanakan pada pukul 10.00-11.30 dengan menggunakan aktifitas permainan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan alat survei serta teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada 30 siswa. Hasil dalam penelitian didapatkan yaitu 6.7% (2) siswa yang memiliki motivasi sangat rendah, 16.7% (5) siswa yang memiliki motivasi rendah, 33.3% (10) siswa yang memiliki motivasi cukup, 40.0% (12) siswa yang memiliki movitasi tinggi, dan 3.3% (1) siswa yang memiiki motivasi sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu untuk menjaga dan meningkatkan motivasi siswa yaitu dengan cara menggunakan aktifitas permainan yang sesuai dengan situasi dan kondisi dimana pembelajaran berlangsung. Selain itu disarankan untuk meneliti dengan jumlah sampel yang lebih banyak dengan jenjang yang berbeda agar ditemukan jalan keluar lainnya.
Copyrights © 2020