PSYCHE 165
Vol 13 No 2 (2020): Psyche 165 journal

SELF-ESTEEM ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN DISLEKSIA

Isyalhana, Arina (Unknown)
Kurniawati, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2020

Abstract

Disleksia adalah gangguan belajar spesifik yang paling banyak terjadi. Sebanyak 5% - 15% anak sekolah menyandang disleksia (APA, 2013). Anak dengan disleksia akan terlihat berbeda di sekolah dan nilai akademisnya cenderung lebih rendahdibandingkan teman sebayanya, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk memiliki self-esteem yang rendah (Mash & Wolfe, 2016).Hal ini dimungkinkan mengingat teman sebaya memainkan peranan yang penting bagi perkembangan anak di usia sekolah dasar (Taylor, Hume, & Welsh, 2010).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai pengaruh disleksia pada self-esteem anak usia sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kajian literatur dengan menggunakan artikelyang diterbitkan dalam rentang 10 tahun terakhir. Artikel tersebutdiperoleh secara daring dari beberapa database.Ada 5 artikel riset kuantitatif yang terpilih dengan kriteria partisipan dalam penelitian tersebut berusia antara 6 ? 12 tahun, serta menggunakan instrumen untuk mengukur gangguan belajar dan juga self-esteempada anak.Hasil dari kajian literatur ini menunjukkan bahwa self-esteem pada anak usia sekolah dasar dapat dipengaruhi oleh disleksia yang dimilikinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSIKOLOGI

Publisher

Subject

Physics Social Sciences

Description

Jurnal PSYCHE 165 adalah jurnal yang dipublikasi oleh Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Jurnal PSYCHE 165 terbit dua kali dalam jurnal yaitu januari dan juli. Jurnal PSYCHE 165 menerima dan mempelajari artikel-artikel dari hasil penelitian dan analisis di bidang ...