Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol 3 No 2 (2020): Juli 2020

PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS AFEKSI BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP KEPEKAAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG

MUHAMAD RUSADI LETASADO (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)
JULHIDAYAT MUHSAM (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran berbasis afeksi berbantuan media poster terhadap kepekaan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan penelitian Single Factor Independent Group Design. Populasi penelitian sebanyak 70 siswa. 35 siswa ditetapkan sebagai sampel, yang ditarik dengan teknik random sampling, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes objektif. Data dianalisis menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran berbasis afeksi berbantuan media poster terhadap kepekaan sosial siswa. (2) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran berbasis afeksi berbantuan media poster terhadap hasil belajar IPS siswa. (3) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran berbasis afeksi berbantuan media poster secara simultan terhadap kepekaan sosial dan hasil belajar IPS siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...