Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, ukuran perusahaan, struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan pada struktur modal di perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode yang diteliti selama 3 (tiga) tahun yaitu dari tahun 2016-2018. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan data populasi sebanyak 78 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal, sedangkan variabel struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal.Kata kunci: Struktur Modal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan
Copyrights © 2020