Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN

Zamakhsyari Zamakhsyari (Dosen FAI Universitas Dahrmawangsa)
Suhendri Suhendri (Dosen FAI Universitas Dahrmawangsa)
Dede Efrianti Lubis (Mahasiswa FAI Universitas Dahrmawangsa)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan secara kolaboratif, artinya dengan mengikutsertakan personel sekolah dalam semua tahap perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip umum pengembangan kurikulum. Salah satunya prinsip relevansi, dimana adanya kesesuaian antara komponen tujuan, isi/pengalaman belajar, dan evaluasi kurikulum, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat; (3) pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan dengan sangat baik salah satu caranya adalah dengan menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran pendidikan dan sasaran anggota-anggota pihak sekolah tersebut; (4) pengawasan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa terlaksana dengan sangat baik, dibuktikan dengan adanya suatu usaha sistematik dalam menetapkan standar pelaksanaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

almufida

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

This journal contains scientific articles about Islamic religious science written by college lecturers of Dharmawangsa University Medan Faculty of Islamic Religion. Hopefully this journal provides information for the community and useful for the development of insight, science improvement for all of ...