Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 4, No 1 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

POLA BIMBINGAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB YPAC MEDAN

Zamakhsyari Zamakhsyari (Dosen Universitas Dharmawangsa)
Suhendri Suhendri (Dosen Universitas Dharmawangsa)
Muhammad Syahrul (Mahasiswa FAI Universitas Dharmawangsa)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Temuan dalam peneliti ini ada tiga, yaitu: (1) perencanaan bimbingan guru untuk menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus dibuat berdasarkan karakteristik, kondisi nyata yang dimiliki peserta didik dan didokumentasikan berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian dan silabus; (2) pelaksanaan bimbingan guru dalam menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus yaitu dengan melakukan tiga kegiatan yaitu, kegiatan awal, inti dan penutup. Pelaksanaan kegiatan bimbingan dilakukan dengan beragam strategi, metode, media, dan alat pembelajaran; (3) evaluasi bimbingan guru dalam menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus dilakukan secara bertahap dan berjenjang, dari evaluasi harian, bulanan sampai dengan evaluasi semester. Bentuk evaluasi guru dapat dilakukan dengan teknik lisan maupun tertulis. Penilaian tersebut mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

almufida

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

This journal contains scientific articles about Islamic religious science written by college lecturers of Dharmawangsa University Medan Faculty of Islamic Religion. Hopefully this journal provides information for the community and useful for the development of insight, science improvement for all of ...